MEDIA PEMBELAJARAN : ERUPSI GUNUNG BERAPI


Alat dan Bahan :
1. kertas bekas
2. kardus
3. botol kecil
4. soda kue
5. cuka
6. air hangat
7. pewarna makanan
8. tepung tapioka/kanji
9. detergen
Cara Membuat Gunung :
1   .  buat bubur kertas dari kertas bekas tersebut, kemudian dicampur dengan air hangat dan juga tepung tapioka/kanji yang berfungsi sebagai perekat bubur kertas tersebut.
.  kemudian lapisi botol plastik tersebut dengan bubur kertas tersebut, buatlah bentuk menyerupai gunung, setelah berbentuk gunung lalu dilapisi dengan abu sisa pembakaran kertas. 
. letakkan gunung yang sudah jadi diatas kardus, kemudian hiasi replika gunung berapi tersebut dengan rumput-rumput kecil dan juga lumut sehingga seperti terlihat gunung yang ditumbuhi oleh berbagai vegetasi.
 Cara membuat letusan gunung :
1.       Masukan detergen bubuk secukupnya ke dalam botol tersebut dan campurkan dengan soda kue seperlunya.
2.       Lalu tuangkan air cuka yang telah dicampur pewarna tadi kedalam botol yang telah berisi detergen dan soda tersebut. 
.  dan kemudian terlihat reaksinya seperti gunung tersebut meletus dan mengeluarkan gelembung busa yang terlihat menyerupai seperti lava dan begitulah proses erupsi terjadi.
Penjelasan :
Campuran kedua bahan kimia yaitu soda dan cuka ini akan membentuk karbon dioksida yang berbentuk gas. Karbon dioksida yang dihasilkan berusaha untuk keluar dari botol. Dengan adanya detergen, maka akan terbentuk gelembung-gelembung kecil. Sehingga erupsi yang terjadi menyerupai lava yang sebenarnya. Gas karbon dioksida yang dihasilkan oleh model gunung berapi ini sama dengan proses yang terjadi pada gunung berapi yang sebenarnya. Semakin banyak karbon dioksida, semakin besar tekanannya, semakin banyak lava, semakin besar pula erupsinya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MEDIA PEMBELAJARAN GEOGRAFI : MATERI PERSEBARAN FLORA DAN FAUNA

El Nino dan La Nina