MEDIA PEMBELAJARAN GEOGRAFI : MATERI PERSEBARAN FLORA DAN FAUNA


MEDIA PEMBELAJARAN GEOGRAFI : MATERI PERSEBARAN FLORA DAN FAUNA
Persebaran flora dan fauna merupakan materi pelajaran geografi tingkat SMA kelas XI semester I. Dalam proses belajar mengajar materi persebaran flora dan fauna tersebut dapat digunakan media pembelajaran untuk mempermudah kegiatan penyampaian materi. Dan berikut merupakan media pembelajaran yang saya buat untuk penyampaian materi persebaran flora dan fauna tersebut.

Dengan menggunakan media pembelajaran di atas, di harapkan dapat mempermudah pengajar di dalam penyampaian materi kepada siswa dan di harapkan indikator pembelajaran dapat tercapai yaitu siswa diharapkan dapat mengidentifikasi sebaran hewan dan tumbuhan di permukaan bumi.
Adapun alat dan bahan yang digunakan untuk membuat media pembelajaran tersebut, yaitu :
1.      Kertas Karton
2.      Alat Tulis
3.      Spidol & Alat Pewarnaan
4.      Gambar Flora dan Fauna
5.      Lem
6.      Gunting
7.      Penggaris
Media pembelajaran yang saya buat ini tergolong sederhana dan proses pembuatannya pun tidak terlalu sulit. Kita hanya perlu menyediakan kertas karton kemudian di beri gambar fauna maupun flora yang mewakili setiap tipe wilayah persebarannya. Media pembelajaran ini juga dapat digunakan untuk mengevaluasi siswa apakah memahami atau tidak materi yang telah disampaikan. Caranya yaitu kita menyediakan berbagai macam gambar flora dan fauna lalu kita tempel di karton tersebut dan disamping gambar tersebut siswa akan menuliskan termasuk tipe manakah flora dan fauna yang terdapat pada gambar tersebut.





Komentar

Postingan populer dari blog ini

MEDIA PEMBELAJARAN : ERUPSI GUNUNG BERAPI

El Nino dan La Nina